Sunday, September 16, 2018

Logo seperti layaknya wajah Perusahaan. Logo adalah visualisasi yang paling mudah diingat serta dapat menciptakan pengakuan tercepat untuk merek, membangun kredibilitas perusahaan sebagai penampil terdepan atas produk atau layanan, bahkan Logo dapat membantu Perusahaan lebih menonjol di pasar.

Sebelum membuat dan mendesain logo yang tepat, sebaiknya pelajari dahulu bagaimana spesifikasi elemen yang akan digunakan untuk logo, supaya tercipta Desain Logo yang optimal, yang mampu mengkomunikasikan produk yang akan dijual kepada publik, mampu mencerminkan profile perusahaan, memuat tentang apa yang diinginkan, dan kemungkinan apa yang akan diharapkan konsumen dari produk tersebut. Diibaratkan warna dan seluruh elemen desain harus menjadi duta komunikasi kepada konsumen di berbagai kalangan.


Dari mana harus memulai ketika logo harus dibuat?... mulailah secara mendasar dan dapatkan pemahaman tentang empat jenis desain logo. Banyak kemungkinan yang dapat dilakukan, terkadang sebuah nama perusahaan sulit menemukan visual logo yang tepat terutama ketika dituntut finishing yang seimbang antara misi bisnis dengan aspek estetika, oleh karena itu tak sedikit penciptaan sebuah logo memakan waktu cukup lama, sebagai pertimbangan untuk memudahkan dalam proses penciptaan Logo Perusahaan, dibawah ini adalah beberapa jenis desain logo yang dapat dijadikan acuan, berikut ini penjelasannya.

1. Jenis Desain Logo Wordmark
Logo Google, Logo Yahoo, Logo Pinterest, Logo Nikon, Logo Canon, Logo Nokia dan Logo Samsung semuanya mewakili jenis logo Wordmark, mereka adalah logo yang paling umum dan populer digunakan, meskipun beberapa dari mereka ada juga yang memiliki logo hanya symbol saja, bisa berupa huruf awalnya saja atau dalam bentuk lainnya. Biasanya, jenis logo seperti contoh dibawah ini bergantung pada teks, tipografi, dan perlakuan tipografi unik untuk mengekspresikan identitas merek. Karena tidak ada elemen grafis untuk menyampaikan pesan, teksnya sering benar-benar harfiah, menyebutkan nama perusahaan dan kadang-kadang lebih mendekati kepada apa yang dilakukannya.
Jenis Logo Wordmark

Logo Wordmarks berfungsi paling baik untuk perusahaan yang namanya mendeskripsikan apa yang mereka lakukan, atau bagi mereka dengan nama yang berbeda. Jenis logo ini lebih ekonomis bagi perusahaan dengan anggaran pemasaran terbatas yang perlu memfokuskan upaya mereka untuk membangun pengenalan nama. Jenis Logo Wordmark juga dapat membantu mengaitkan nama merek Perusahaan dengan produk atau layanan secara lebih singkat, cepat dan mudah dalam menyampaikan pesan dibanding hanya Logo dalam bentuk simbol.

Mengapa harus memilih jenis logo wordmark?

- Apabila perusahaan baru yang sedang perlu lebih banyak memperkenalkan diri kepada publik.
- Nama merupakan sebuah kata pendek yang mudah ditampilkan dimanapun.
- Apabila ingin menyampaikan secara langsung kepada publik, bahwa logo tersebut adalah juga nama Anda.

Mengapa jenis logo wordmark harus dihindari?

- Apabila nama perusahaan Anda terlalu panjang, akan memakan banyak tempat.
- Apabila tidak berencana untuk memperbarui secara berkala.


2. Jenis Desain Logo Lettermark
Logo Jenis Lettermark atau dalam bahasa Indonesianya Tanda Huruf seperti layaknya inisial dari nama bisnis perusahaan. Seperti halnya sebuah kata yang di singkat, Lettermark cenderung menjadikan sebuah nama identik dengan sebuah bisnis, logo bergantung pada inisial untuk mewakili merek terasa lebih relevan. Symbol dapat berupa monogram sederhana atau anagram. CNN adalah contoh logo Lettermark monogram - logo ini menggunakan huruf awal dari nama lengkap perusahaan, Cable News Network.

Jenis Logo Lettermark
Jenis Logo Lettermark

Seperti yang dilakukan FedEx dalam merepresentasikan logonya ke dalam bentuk lettermark anagram , memilih tiga huruf pertama "Fed"dari kata awal Federal dan dua huruf pertama Ex dari kata kedua Express - Federal Express, proses seperti ini menuntut kejelian, kreatifitas, keunikan, namun smart, perhatikan diantara huruf E dan X, mereka berhasil menemukan sebuah icon/ symbol yang relevan dengan bisnis yang dilakukan, sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui, ya sebuah bentuk tanda panah tercipta dari hasil penggabungan dua huruf E dan X, Smart!.

Jenis Logo Lettermark bisa menjadi pilihan tepat jika inisial Perusahaan terlihat lebih baik dalam grafik dibanding nama lengkap perusahaan. Logo Lettermark juga dapat berfungsi sebagai alternatif dari Logo utama. Namun, perlu dipertimbangkan lagi, sebab pada umumnya Logo jenis Lettermark paling baik digunakan untuk perusahaan yang memiliki pengenalan merek yang cukup dan mampu menyediakan waktu yang diperlukan untuk mengedukasi konsumen tentang arti inisial yang telah melalui proses rekayasa, maksudnya untuk menghindari salah arti, misalnya Logo CNN bisa saja diartikan/ dibaca CW atau CNV.


3. Jenis Desain Logo Brandmark
Jenis logo tidak hanya Wordmark dan Lettermark, adapun jenis lainnya seperti Jenis Logo Brandmark yaitu sebuah Logo yang cenderung menggunakan simbol untuk mereknya, terdiri dari gambar grafik yang kuat, lebih sering memiliki bentuk abstrak, tujuannya fokus kepada aspek produk atau layanan yang dijual. Simbol tersebut dapat mewakili perusahaan berdasarkan asosiasi dan bergantung pada kemampuan desain untuk membangkitkan emosi publik. Misalnya, Monster Energy menyiratkan tenaga monster yang terlihat dari tiga warna hijau yang menyerupai bekas cakar, representasi sempurna untuk sebuah rangkaian produk Minuman Energy. Mengarahkan pikiran dan imajinasi publik bahwa kali ini bukan lagi energy banteng akan tetapi energy yang lebih daripada itu, yaitu energy monster, semoga tak ada yang berpikir bahwa minuman tersebut adalah asli sari pati tenaga monster yang diperas, hanya fantasi.

Jenis Desain Logo Brandmark

Logo jenis brandmark adalah pilihan tepat untuk perusahaan yang hanya membutuhkan lambang untuk produknya, Logo Brandmark menjadi solusi bagi sebuah nama yang terlalu panjang, umum atau kurang memiliki karakter. Dari sudut pandang bisnis, merek dapat efektif secara global di area di mana nama perusahaan tidak dapat diterjemahkan dengan baik. Ini juga dapat memungkinkan anak perusahaan untuk mengasosiasikan dirinya dengan perusahaan induk ketika mereka tidak dapat menggunakan nama induk secara langsung. Logo Brandmark sebagai cara efektif ketika Logo harus ditampilkan pada dimensi terbatas.

Mengapa harus memilih jenis logo Brandmark?

- Apabila Nama merek cocok untuk digambar secara harfiah. Logo Apple, misalnya, adalah contoh yang jelas dari nama merek yang digambar secara harfiah. Lebih masuk akal bagi merek mereka untuk menggunakan tanda bergambar daripada kata atau lambang.
- Anda ingin menciptakan rasa merek berkarakter dengan gambar yang tidak dapat Anda gunakan hanya dengan nama Anda.

Mengapa harus menghindari jenis logo Brandmark?

- Anda ingin dilihat sebagai tradisional dan formal. Bukan tidak mungkin menggunakan tanda bergambar jika Anda melakukannya, tetapi memilih gambar yang tepat lebih merupakan tantangan.
- Anda masih ingin lebih relevan dengan produk atau layanan Anda. Memilih gambar tegesa-gesa dapat menbatasi ryang gerak Anda ke dalam cara tertentu untuk merek perusahaan Anda. Anda mungkin ingin memulai dengan sesuatu yang lebih fleksibel dan menyesuaikan merek di kemudian hari.

4. Jenis Desain logo ikonik
Menunjukkan Identitas perusahaan dengan cara visual terkadang mudah terkadang sangat sulit, ini bukan hanya persoalan membuat gambar logo bagus atau jelek, mengkonversi identitas perusahaan menjadi sebuah bentuk icon sederhana tanpa mengurangi fungsi dan estetika bagaikan menjalani sebuah project besar, sebab icon akan berperan penting dalam pencitraan di sepanjang waktu.  Di mata konsumen yang cerdas, sebuah Logo dapat membangun kepada arah yang lebih baik atau mungkin sebaliknya, menghancurkan identitas itu sendiri. Sebagian menganggap sebuah logo merupakan indikator nilai, kesetiaan, dan kebersamaan yang dapat mengantarkan pada kesuksesan dan sebagian lainya menganggap biasa saja, alakadarnya.

Jenis Logo Ikonik adalah perpaduan antara Brandmark dengan Wordmark, logo ikonik juga disebut sebagai logo kombinasi. Elemen yang ada dalam Logo dapat digunakan bersama atau terpisah, bertumpuk atau berdampingan. Jenis logo ini dapat sangat efektif dalam mengkomunikasikan apa yang dilakukan perusahaan dan apa yang diperjuangkannya. Contohnya seperti Logo milik Mastercard, Logo Merak NBC, dan Logo Michelin.
Jenis Logo Ikonik
Jenis Logo Ikonik


Jenis Logo Ikonik


Jenis Logo Ikonik memiliki tujuan supaya publik dapat lebih mudah mengenal dan mengingatnya, meskipun dalam keadaan terpisah satu sama lain Bentuk lengkungan emas McDonald's, akan mengingatkan kepada mac besar dan kentang goreng. Bentuk bulat logo BMW, terpikir tentang mobil yang apik. Ketika melihat logo Google, yang terpikir adalah internet.

Ini proses yang tidak mudah, oleh karena itu ada Logo-logo yang history perancangannya dirahasiakan, mereka menganggap itu termasuk strategi bisnis.

Mengapa harus memilih jenis logo ikonik?

- Apabila menginginkan menjadi populer karena keunikan
- Apabila  adalah seseorang yang tidak peduli meskipun antara logo dan produk tidak relevan.
Contohnya seperti Logo Apple, antara produk dan logo tidak sesuai, namun terbukti hingga sekarang jalan ini bukanlah suatu kesalahan, justru sekarang ini mereka adalah salah satu brand paling populer.
Pada artikel selanjutnya akan saya review tentang Logo Apple.

Mengapa harus menghindari jenis logo ikonik?

- Apabila lebih senang tampil sederhana; jenis ikonik bisa menjadi lebih rumit untuk digunakan.
- Apabaila masih lebih suka dengan yang biasa dan sewajarnya

5. Jenis Desain Logo Emblem
Jenis Logo Emblem adalah bentuk tertua dari semua jenis logo yang pernah diciptakan, sekitar abad pertengahan. Pada umumnya Jenis logo emblem lebih difungsikan sebagai segel, cap,  lambang atau sekedar tanda. Menggunakan garis detail tipis atau tebal dan terkadang komplek dengan banyak tulisan. Sebagian besar menggunakan sedikit warna.

Jenis Logo Emblem


Emblem adalah jenis logo yang menyertakan teks di dalamnya, bercita rasa klasik dan tradisional, aman, resmi dan formal. Banyak digunakan untuk lambang sekolahan, pemerintahan, organisasi, komunitas sosial atau militer.

Anda boleh memilih Jenis Logo Emblem apabila:

- Perusahaan Anda ingin terlihat tradisional dan klasik
- Perusahaan Anda ingin terlihat low profile

Anda boleh menghindari Jenis Logo Emblem apabila:

- Logo ingin mudah terlihat dari kejauhan. Jenis Logo Emblem kurang bagus untuk diandalkan dalam berkomunikasi secara visual, sebab spesifikasi elemennya lebih mengarah pada keterangan untuk dibaca. Kecuali logo dirancang lebih kurang seperti logo Starbuck



0 comments:

Post a Comment